===========>>> SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH <<<===========

NAGAN RAYA GELAR TANAM PERDANA SERENTAK MT. RENDENGAN TAHUN 2015

Kategori : Berita Rabu, 09 Desember 2015 - Oleh adm_nagan_raya

Suka Makmue - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Pertanian dan Peternakan,senin (07/12) melakukan kegiatan penanaman padi perdana upsus peningkatan padi, jagung dan kedelai (Pajale) MT Rendengan dalam rangka swasembada pangan Nasional. Kegiatan tersebut dipusatkan di Gampong Ujong Rambong Kecamatan Kuala.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Nagan Raya Drs HT Zulkarnaini, Dandim 0116 Nagan Raya,Kapolres Suka Makmue,kepala SKPK dalam lingkup Pemkab Nagan Raya,kolompok tani dalam wilayah Kecamatan setempat.

Kadistannak Nagan Raya Ali Basyah SP dalam laporannya mengatakan,untuk menyukseskan program swasembada pangan Nasional, pihaknya telah merehab jaringan irigasi tersier(RJIT) untuk 10.000 hektar sawah.Dan selain itu, juga memberikan 12 unnit hand traktor, 8 unit pompa air, 2 unit traktor roda empat, 2 unit combine,serta 500 ton pupuk yang terdiri dari urea 250 ton dan NPK phonska 250 ton.Untuk tahun 2016, pihaknya juga menyediakan benih gratis untuk petani dengan luas tanan 12.000 hektar, serta penambahan PPL Kontrak sejumlah 30 orang.

Dalam rangka peningkatan swasembada pangan,Nagan Raya melakukan dua kali musim tanam dalam setahun,menurut Ali Bayah luas tanam di Kabupaten Nagan Raya mencapai 24.815 hektar, produksi padi 161.290 ton, komsumsi ditambah untuk penyediaan benih 69.500 ton, sedangkan surplus 91.790 ton. Untuk peningkatan produksi padi di Nagan Raya, Distannak setempat bekerja sama dengan unsur TNI Babinsa, sehingga target swasembada pangan Nasional sudah mencapai target.

Dandim 0116 Nagan Raya Kolonel Arm Erland Hendriatna dalam sambutannya mengatakan, untuk mengembalikan kejayaan Nagan Raya sebagai lumbung padi di Aceh, pihaknya akan terus melakukan upaya kerja sama yang baik dengan Dinas terkait, sehingga program peningkatan swasembada pangan yang telah di canangkan oleh Presiden Indonesia tersebut, Nagan Raya dapat mencapai target serta mampu meraih prestasi di tingkat Nasional tersebut.

Bupati Nagan Raya Drs HT Zulkarnaini dalam arahannya mengatakan, untuk meningkatnya hasil pertanian di Nagan Raya, agar dapat dilakukan penanaman serentak dalam wilayah Kabupaten tersebut tersebut, sehingga tidak terkena berbagai macam serangan hama yang mengakibatkan gagal panen.Selain itu, HT Zulkarnaini juga mengatakan,ianya sangat berharap agar lumbung pangan Aceh dapat kembali ke Nagan Raya seperti puluhan tahun yang lalu.

Disisi lain HT Zulkarnaini juga menambahkan,untuk mencapai produktivitas padi sesuai dengan target program Nasional, agar Instansi terkait dapat melakukan berbagai penyuluhan serta pembinaan untuk kelompok tani dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya, sehingga dengan penyuluhan dan sosialisasi tersebut dapat meningkatkan hasil pertanian yang memuaskan.