Selamat Datang di Website DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH

Mentan Tanam Perdana Kedelai di Pidie Jaya

Kategori : Berita Minggu, 08 Oktober 2017 - Oleh Ibrahim

MEUREUDU-Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup Kementerian Pertanian RI, Ir Mukti Sardjono, mewakili Menteri Pertanian (Mentan), Jumat (6/10), melaksanakan penanaman perdana kedelai di Gampong Jiem Jiem Kemukiman Jalan Rata, Kecamatan Bandarbaru. Pada hari yang sama, Bupati Pijay, H Aiyub Abbas bersama Dandim setempat, Kadistanbun, juga melakukan Temu Teleconference. Bupati meminta pemerintah meninjau kembali harga jual kedelai yang dinilai sangat rendah atau Rp 5.000 per kilogram.

Turut mendampingi Staf Ahli Mentan pada gerakan tanam perdana kedelai di lahan bukaan baru, antara lain Kadistanbun Aceh Drs Hasanuddin Darjo, Bupati Pijay H Aiyub Abbas, Kadistanpang Pijay drh Muzakkir Muhammad, Dandim Pidie/Pijay Letkol Arh Donni Indiawan S,IP, Kepala BPTP Aceh, Ir H Basri Abakar serta beberapa pejabat terkait dari provinsi dan kabupaten. Pijay dengan sasaran areal tanam seluas 500 hektare, ditunjuk mewakili Aceh pada gerakan tanam serentak kedelai bantuan APBN-P TA 2017 ini.

Kadistanpang Pijay, Muzakkir, didampingi Kabid Produksi, Safri Sallam SP MP, dalam keterangannya menyebutkan, ke 500 hektare areal tanam kedelai yang dijatah oleh pemerintah pusat tersebar di 24 kelompok tani dalam lima dari delapan Kecamatan di Pijay.

Pemerintah, lanjut Muzakkir, selain membantu benih juga disertai dengan pupuk, pestisida termasuk juga racun rumput atau herbisida. Kadistanpang optimis ke 500 hektare areal tanam yang diberikan pusat untuk Pijay terealisasi dengan baik. Apalagi, selain komoditi utama padi, wilayahnya juga potensial untuk pengembangan palawija terutama kedelai, jagung, dan kacang tanah. Hanya saja, terkadang petani enggan menanaminya karena dari segi harga yang selama ini hanya Rp 5.000/kg, terang Muzakir.

Pada hari yang sama atau sebelum penanaman perdana, Bupati Pijay bersama Dandim serta Kadistanbun Aceh melakukan teleconference dengan Mentan, Ir H Amran Sulaiman. Pertemuan yang juga ikut dihadiri Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan Hidup, Mukti Sarjono berlangsung satu jam, digelar di Komplek Batalyon Kompi 112 Jaya Sakti Gampong Jiem Jiem Kemukiman Jalan Rata Bandarbaru. Belasan petani dan sejumlah penyuluh pertanian juga ikut menyaksikan agenda tersebut.

 

Sumber : http://aceh.tribunnews.com

 

comments powered by Disqus