"ACEH SEBAGAI BASIS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN MENUJU MASYARAKAT TANI SEJAHTERA YANG TANGGUH DAN BERKELANJUTAN MANDIRI DAN BERDAYA SAING"

Sejumlah Gampong di Aceh Timur Kekeringan, Warga Minta Pemkab Bangun Sumur Bor

Kategori : Berita Sabtu, 03 Maret 2018 - Oleh Ibrahim

IDI - Warga sejumlah gampong di Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, kesulitan memperoleh air untuk kebutuhan sehari-hari sejak dua bulan terakhir karena daerah itu dilanda kekeringan.

"Untuk nyuci dan mandi warga terpaksa ke sungai Keude Geureubak. Kalau untuk minum warga bisa beli air isi ulang," kata Keuchik Panton Rayeuk M atau Keude Geureubak, Zainon Hasyim, kepada Serambinews.com, Sabtu (3/3/2018).

 Warga yang kesulitan memperoleh air untuk kebutuhan sehari-hari itu yakni Gampong Panton Rayeuk M, Panton Rayeuk B, Seunebok Simpang, Paya Laman dan Buket Drien. "Sudah dua bulan kekeringan, sumur juga tak ada airnya," ungkap Zainon.

Tidak hanya sulit mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari, tapi sawah petani di sejumlah gampong di kecamatan ini juga kekeringan.

Sawah yang didera kekeringan itu yakni Gampong Panton Rayeuk A, Panton Rayeuk B, Panton Rayeuk T, Paya Laman dan Buket Drien.

"Yang paling parah di Gampong Paya Laman bahkan padi tidak berbuah," katanya.

Terkait kondisi ini, Zainon berharap Pemkab Aceh Timur membangun jaringan irigasi dan sumur bor di daerah itu.  "Kalau irigasi ada sumber airnya yaitu dari sungai Keudeu Geureubak," kata Zainon.

 

Sumber : http://aceh.tribunnews.com