Selamat Datang di Website DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH

40 Mesin Potong Padi Beroperasi di 3 Daerah

Kategori : Berita Senin, 12 Maret 2018 - Oleh Ibrahim

BANDA ACEH - Pemotongan tanaman padi di Aceh saat ini tak lagi hanya dilakukan tenaga manusia, melainkan juga menggunakan mesin. Hasilnya padi langsung dimasukkan ke dalam goni dan siap untuk diangkut ke rumah, bukan banyak tahapan seperti dipotong manual. Karena itu, kini penggunaan mesin potong padi semakin banyak karena dinilai lebih efisien dan hemat. Buktinya, di Pidie, Pidie Jaya, Aceh Besar saja ini saja, 40 mesin potong padi milik UPTD Alsintani Indrapuri sedang beroperasi, belum termasuk mesin milik swasta.

Kepala UPTD Alsintani Indrapuri, Bambang menyampaikan hal ini ketika menjawab Serambi, Minggu (11/3). Ia menyebutkan UPTD Alsintasi saat ini memiliki 40 mesin potong padi. Setiap menjelang musim panen, mesin itu banyak penyewanya. “Contohnya seperti pada minggu ini, 40 unit mesin potong padi kita sudah disewa kelompok tani di Pidie, Pidie Jaya, dan Aceh Besar dengan tarif rata-rata Rp 3 juta per hari,” kata Bambang.

Dikonfirmasi Serambi secara terpisah terkait lebih cepat dan hemat penggunaan mesin potong padi dibandingkan secara manual menggunakan banyak tenaga manusia juga dibenarkan Ketua Kelompok Tani di Pidie, Abdullah, Marlina, dan petani Udin. Intinya, sebagai perbandingan jika menggunakan mesin, untuk sawah sekitar 3.000 meter saja hanya menghabiskan biaya Rp 500 ribu dan padi siap untuk diangkut ke rumah atau dijual. Sedangkan jika manual, untuk ukuran sawah yang sama diperkirakan menghabiskan Rp 750 ribu untuk biaya potong saja atau belum termasuk biaya angkut guna dirontokkan ditambah ongkos untuk pekerja mesin perontok.

Sementara itu, Usman, seorang wiraswasta pemilik mesin potong padi mengatakan permintaan untuk sewa mesin ini setiap musim panen kini semakin bertambah. Adapun harga mesin ini, menurutnya jika produk Cina sekitar Rp 400-450 juta. Sedangkan made in Jepang mencapai Rp 500-600 juta/unit.

 

Sumber : http://aceh.tribunnews.com