"ACEH SEBAGAI BASIS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN MENUJU MASYARAKAT TANI SEJAHTERA YANG TANGGUH DAN BERKELANJUTAN MANDIRI DAN BERDAYA SAING"

Lima Hektare Sawah di Abdya Berubah Menjadi ‘Danau,’ tapi Begini Kondisinya Sekarang

Kategori : Berita Senin, 12 Maret 2018 - Oleh Ibrahim

BLANGPIDIE - Tanaman padi seluas 5 hektare sawah yang baru dicetak di Lhok Kayee Matee, Desa Keude Paya, Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang terendam total sehingga layaknya sebuah ‘danau’.

Kondisi itu setelah diguyur hujan lebat, Jumat (9/3/2018) malam, namun kini sudah berhasil dikeringkan. 

Sampai Senin (12/3/2018), tidak terlihat lagi banjir yang sebelumnya merendam total areal sawah yang diapit pengunungan kawasan Perkantoran Pemkab Abdya, itu.

Kepala BPBK Abdya, Amiruddin dihubungi Serambinews.com, Selasa siang menjelaskan, banjir yang merendam total tanaman padi yang bunting berhasil dikeringkan setelah satu unit beko yang dipinjam dari Dinas Perkim dan LH Abdya, sejak Minggu (11/3/2018 sore, bekerja mengorek sumbatan gorong-gorong dari pipa di bawah badan jalan menuju Makodim 0110 Abdya.

Sekitar 13 petani pemilik tanaman padi sangat lega setelah permukaan air seperti ‘danau’ itu akhirnya surut.

Sebelumnya, mereka sangat khawatir tanaman padi akan punah setelah terendam total selama dua hari.

Petani mengharapkan gorong-gorong dari pipa di bawah badan jalan tersebut diganti dengan gorong lebih besar atau dibangun jembatan box sehingga air mengalir lancar.

Sebab, gorong-gorong kecil dari pipa sangat rawan sumbat ketika turun hujan lebat. Peristiwa banjir besar seperti sudah dua kali terjadi selama satu tahun terakir, dan baru berhasil diatasi setelah dikorek dengan beko.

 

Sumber : http://aceh.tribunnews.com