===========>>> SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH <<<===========

Gebyar Pasar Tani Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh

Kategori : Kegiatan Dinas Kamis, 11 Oktober 2018 - Oleh admin01

 

Banda Aceh | Gebyar Pasar Tani merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian sejak tahun 2016. Dahulu, kegiatan ini bernama “Pasar Tani” yang dapat dihadiri seluruh elemen masyarakat yang diadakan setiap minggu kedua disetiap bulannya. Pada kegiatan ini dapat dijumpai beragam stand produk pertanian khususnya bahan pangan. Kita juga dapat menjumpai produk- produk pangan organik dan produk olahan makanan hasil dari inovasi para pegiat usaha produk pertanian di Kota Banda Aceh dan sekitarnya. Kini, sesuai arahan kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Bapak A. Hanan, SP, MM bahwa selanjutnya kegiatan ini akan dilaksanakan setiap dua minggu sekali setiap bulannya, yaitu Minggu ke-2 dan Minggu ke-4 serta berganti nama menjadi “GEBYAR PASAR TANI HEBAT”.

Event ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pogram “Aceh Troe” Pemerintah Aceh, dimana tujuan utamanya untuk mengurangi kawasan rawan pangan serta mewujudakan ketersediaan pangan sebagai langkah untuk mencapai Program Aceh Hebat 2022. Salah satu langkah untuk merealisasikannya adalah dengan membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat terhadap bahan pangan. Perhatian itupun tidak hanya berfokus pada peningkatan produksi pertanian, tapi juga menyangkut akses distribusi dan penjualan produk pertanian agar memberikan kemudahan dan keuntungan bagi petani serta konsumen. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Pengurus Asosiasi Pelaku Usaha Pertanian Aceh, Kelompok Tani Wanita, Petani Binaan Penyuluh Pertanian dan para Supplier Pangan di wilayah Banda Aceh dan sekitarnya

Kegiatan perdana setelah berganti nama menjadi “Gebyar Pasar Tani” (10/10/2018) ini diresmikan dan dibuka oleh Ibu Dyah Erti Erawati selaku Wakil Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Aceh. Beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang bagi para penjual bahan pangan untuk mempromosikan produknya. Beliau menambahkan, semoga kegitan ini dapat menjadi pemicu gairah pertanian di Provinsi Aceh.


Untuk anda yang penasaran dengan inovasi produk pertanian lokal terkini, sepertinya wajib untuk mencoba berkunjung ke “Gebyar Pasar Tani” yang berlokasi di Jalan. T.P. Nyak Makam, Lampineung “Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh”.

Sebelum meninggalkan arena Pasar Tani, Bu Dyah Erti Erawati selaku Wakil Ketua Tim Penggerak PKK berkesempatan berdiskusi dengan para pedagang di area pasar tani tersebut. 

 

 

 

 

Editor : Mumu/Wawan
Foto : Tim Datintanbun