===========>>> SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH <<<===========

Distanbun Aceh Bahas Persiapan Jambore Penyuluh Pertanian

Kategori : Kegiatan Dinas Senin, 15 Oktober 2018 - Oleh admin01

 


BANDA ACEH |  Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh akan menggelar Jambore Penyuluh Pertanian Ke-2 di Meulaboh, Aceh Barat, 4-6 November mendatang. Untuk membahas persiapan pelaksanaan kegiatan itu, Distanbun Aceh, mengadakan rapat paripurna di aula dinas tersebut, Kamis (11/10). Rapat tersebut dipimpin Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Kadistanbun) Aceh, A Hanan SP MM.

Rapat kemarin dihadiri 80 peserta yang terdiri atas Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Barat, Safrizal SP MSc, Tim Protokuler Sekdakab Aceh Barat serta pejabat esselon III dan IV, Komisi Penyuluhan Aceh, BPTP Aceh, dan sejumlah pihak terkait lainnya.

 

Kadistanbun Aceh, A Hanan SP MM, mengatakan, jambore itu diperkirakan dihadiri sekitar 3.000 penyuluh pertanian dari seluruh Aceh. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan ajang bagi penyuluh pertanian untuk menunjukkan kompetensi mereka baik di bidang inovasi teknologi pertanian, unjuk tangkas keterampilan penyuluh, dan kemampuan mereka dalam mengikuti perkembangan informasi terbaru di bidang pertanian.

Dikatakan, jambore penyuluh pertanian merupakan wadah menumbuhkembangkan semangat kebersamaan, apresiasi penerapan teknologi yang selama ini dilaksanakan serta menjadi ajang kompetensi antarpenyuluh. Jumlah penyuluh pertanian di Aceh sekarang mencapai 3.700 orang. Angka itu sudah termasuk penyuluh swadaya sebanyak 1.000 orang.

“Karena pesertanya sekitar 3.000 penyuluh dari seluruh Aceh, maka jambore ini terlihat seperti miniatur Penas KTNA pertengahan tahun 2017,” ungkapnya.

Dikatakan, jambore penyuluh pertanian itu rencananya akan dibuka Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, di halaman Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Meulaboh. Dalam jambore tersebut, menurut A Hanan, diadakan berbagai kegiatan seperti lomba tanam padi jarwo menggunakan rice transplanter, lomba pidato penyuluhan berbasis syariah, unjuk tangkas, publikasi kegiatan penyuluhan melalui vlog dan cyber extention, serta perlombaan yel-yel penyuluh. Selain itu juga diadakan seminar dan temu profesi berskala nasional.

Kadistanbun Aceh berharap semua penyuluh di Aceh dapat ikut berpartisipasi dan memeriahkan acara ini. Sehingga peran penyuluh sebagai ujung tombak pertanian akan semakin nyata dan mampu mewujudkan Aceh sebagai daerah lumbung pangan nasional.

 

Sumber : Nona (Bagian Publikasi Jambore Penyuluh)