===========>>> SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH <<<===========

Komisi Informasi Aceh (KIA) Visitasi ke Distanbun Aceh

Kategori : Kedinasan Kamis, 18 Oktober 2018 - Oleh datintan

Banda Aceh | Tim Komisi Informasi Aceh (KIA) melakukan kunjungan ke salah satu Badan Publik Pemerintah Aceh yang masuk dalam kategori memenuhi kriteria untuk dilakukan visitasi dari tanggal 15 s/d 19 Oktober 2018, salah satunya adalah Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.

Tim KIA berkunjung ke Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh pada Selasa, 16 Oktober 2018. Kunjungan tersebut didasarkan pada hasil Penilaian Mandiri atau Self Assesment Quesioner (SAQ) yang telah diserahkan ke Komisi Informasi Aceh (KIA) oleh tim PPID Pembantu Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh

 

Pada saat kunjungan tim KIA diterima langsung oleh Tim PPID Pembantu Pertanian dan Perkebunan Aceh yang diterima oleh Muhammad Iqbal selaku Kepala Sub Bagian Program, Monev, Data dan Informasi yang menjabat sebagai Koordinator Pengelolaan Data dan Informasi dalam kepengurusan PPID Pembantu Distanbun Aceh. Dalam kunjungan tersebut tim KIA melakukan wawancara dan meminta bukti otentik (bentuk fisik) sesuai dengan Quesioner Penilaian Mandiri (SAQ) yang telah diisi oleh Tim PPID Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.

Visitasi merupakan tahap akhir untuk mengukur 5 KO (Komitmen, Koordinasi, Komunikasi, Kolaborasi, Konsisten) dari keterbukaan informasi publik yang disampaikan oleh Badan Publik. Tujuan kegiatan ini juga merupakan pelaksanaan Badan Publik dalam menjalankan kewajiban mengumumkan Informasi Publik, menyediakan Informasi Publik, melayani permohonan Informasi Publik dan melakukan pengelolaan informasi dan dokumentasi sesuai dengan UU Nomor 14 Pasal 1 Ayat 3 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Badan Publik.

Diakhir kunjungan, Tim KIA memberikan sedikit pencerahan kepada Tim PPID Pembantu Distanbun sekaligus berdiskusi dan tanya jawab.