===========>>> SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH <<<===========

Rapat Sinkronisasi Data Tanaman Pangan dan Palawija Bulan September 2018

Kategori : Kedinasan Kamis, 18 Oktober 2018 - Oleh datintan

 

Banda Aceh (17/10) | Pemantauan realisasi pertanaman padi dan palawija sebagai bentuk control data dan evaluasi merupakan keharusan bagi perangkat kerja tim datin Distanbun Aceh dan BPS Aceh menjadi rutinitas kerja dalam rangka mengukuhkan Aceh sebagai lumbung padi nasional. Evaluasi perkembangan data SP bulan September 2018 dilakukan atas dasar tingkat pencapaian tanam dan produksi dimusim tanam gadu. Target tanam yang telah disusun akan tergambar dengan jelas dalam pencapaian produksi padi dan palawija.

 

 

BPS Aceh yang diwakili oleh Bapak Irnanto bersama dengan Bapak Muhammad Iqbal sebagai Kasubbag. Program, Monev, Data dan Informasi beserta Tim Datin Distanbun Aceh ikut bergabung untuk melihat perkembangan MT Gadu terkini. Berdasarkan data SP yang masuk tercatat bahwa periode januari sampai dengan september 2018 untuk padi luas tanam sebesar 291.237 ha, luas panen sebesar 337.216 ha dan luasan yang mengalami puso(gagal panen) seluas 2.203 ha dengan Aceh Besar dan Bireun yang paling besar terjadi puso. Begitu juga dengan komoditi jagung, tercatat luas tanam sebesar 42.966 ha dan luas panen 50.140 ha dengan sentra penanaman di Aceh Tenggara dan Aceh Selatan. tak ketinggalan juga komoditi kedelai yang mencapai 5.625 ha penanaman dan telah dipanen seluas 7.611 ha.

 

 

Evaluasi angka terkini terhadap komoditi utama PAJALE yang dilakukan sebagai tindaklanjut dari program kerja Distanbun Aceh dan indikator keberhasilan program yang telah dicanangkan dalam RPJP. Pembahasan ini akan menjadi bahan justifikasi dalam pembahasan dan evaluasi realisasi PAJALE di Kementerian Pertanian RI untuk ditelaah lebih detil akan kesuksesan Aceh dalam menyokong progam “Aceh Troe” sebagai program kerja Irwandi-Nova sebagai Guberbur dan Wakil Gubernur Aceh. [sf]

 Sumber : Datintanbun