===========>>> SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH <<<===========

Siswa SMK PP Aceh Belajar Alsintan, Petani itu Profesi Keren

Kategori : Inspiratif Rabu, 05 Desember 2018 - Oleh datintan

Alsintan modern untuk tanam bawang merah

 

Aceh Besar (26/11) | Pemerintah terus mendorong modernisasi pertanian melalui pemanfaatan alat mesin pertanian (alsintan). Mekanisasi pertanian melalui pemanfaatan alsintan ini diharapkan menjadi daya tarik bagi generasi muda untuk terjun ke dunia pertanian.

Karena dengan peralatan modern, bertani bukan lagi menjadi pekerjaan kumuh, bahkan menjadi petani bagi generasi melenial bisa menjadi profesi keren. Nah, sebagai salah satu mengajak generasi muda mengenal Alsintan, Unit Pelaksana Teknis Dinas Mekanisasi Pertanian (UPTD Mektan) Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, selama 2 hari (11-12 Oktober 2018) lalu menggelar pelatihan alat dan mesin pertanian untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) yang ada di Aceh.

Pelatihan diikuti 25 siswa yang terdiri dari 10 siswa SMK PP Saree, 10 siswa SMK PP gandapura dan 5 orang siswa dari SMK PP Jantho. Kepada siswa SMK PP diperkenalkan berbagai alat dan manfaatkan bagi usaha pertanian.

Ketika membuka pelatihan, Kepala UPTD Mekanisasi Pertanian Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, drh. Ahdar, MP menyatakan, Alsintan selain berfungsi sebagai sarana untuk memudahkan aktifitas usaha tani, juga bisa menjadi peluang usaha bagi generasi muda, misalnya usaha penyewaan dan perawatan/bengkel alsintan.

“Generasi milenial yang saat ini tengah menimba ilmu di SMK PP, saya harapkan bisa menjadi pioneer dalam pemanfaatan alsintan ini karena tenaganya masih kuat dan meiliki skill yang memadai,” kata Adhar.

Sementara itu, Kepala SMK PP Saree, Muhammad Amin, yang ikut hadir dalam acara pembukaan pelatihan, mengapresiasi apa yang telah dilakukan UPT Mektan tersebut. Sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini, pihaknya berencana untuk membuka jurusan Mekanisasi Pertanian di SMK PP Saree.

Menurutnya, pelatihan ini hanya sebagai entry poit untuk lebih menarik minat generasi muda untuk terjun dalam usaha pertanian. Karena itu, harus ada upaya berkelanjutan mengaplikasikan hasil pelatihan ini. “Untuk itu kami sudah mewacanakan membuka jurusan Mekanisasi Pertanian di SMK PP Saree, degan demikian para siswa bisa lebih fokus belajar tentang berbagai aspek pemanfaatan alsintan,” ungkap Amin.

Selain diberikan materi pembelajaran teoritis tentang alsintan, dalam pelatihan ini siswa SMK PP tersebut juga diajak praktek langsung penggunaan berbagai jenis alsintan seperti traktor, hand traktor, rice transplanter, compact harvest machine dan alat mesin pertanian lainnya yang ada di laboratorium dan workshop UPTD Mekanisasi Pertanian yang berada di Indrapuri, Aceh Besar. [◦ˆ⌣ˆ◦]

 

 

Artikel ini telah tayang di tabloidsinartani.com dengan judul Siswa SMK PP Aceh Belajar Alsintan, Petani itu Profesi Keren