===========>>> SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH <<<===========

Cara Hidup Mudah

Kategori : Tafakur Senin, 21 Januari 2019 - Oleh datintanbun

“Jadilah seorang yang qana’ah, niscaya engkau menjadi manusia yang paling bersyukur” (HR. Ibnu Majah).

Kata orang bijak, hidup ini akan terasa susah kalau dianggap susah, sebaliknya akan terasa mudah kalau dianggap mudah. Kata bijak ini bisa bermakna bahwa hidup mudah dan menyenangkan bisa raih. Hidup mudah telah ditawarkan dan dituntun dalam ajaran Islam.

Islam telah menawarkan cara hidup mudah dengan pola qanaah. Dengan hidup qanaah, akan merasa rela dengan segala pemberian Allah, dan merasa puas dengan apa yang mampu diperoleh dengan cara halal. Cara hidup ini akan mendatangkan rasa syukur kepada Allah. Bahkan Imam Al Ghazali pernah menyatakan bahwa sepengetahuannya, orang-orang yang terus hidup qanaah merasa tenang dalam hidupnya.

Berbeda dengan hidup glamour, yang bisa menyebabkan kesengsaraan diri karena terlalu panjang angan-angan dan terus berusaha mengejarnya. Bahkan cara hidup demikian sangat merusak mental, karena selalu dirundung rasa tak cukup. Apalagi angan-angan tak akan pernah berujung, kecuali kematian datang. Makanya sangat tepat, Islam melarang hidup panjang angan-angan, glamour, mubazir, dan sejenisnya.

Namun demikian, di zaman di mana banyak orang hidup glamour dan mementingkan materi, siapapun harus punya tekad yang kuat untuk hidup qanaah. Bagi yang mampu melakukannya akan menjadi orang yang beruntung, karena telah melewati sejumlah ujian dan godaan. [◦ˆ⌣ˆ◦]

 

Artikel ini telah tayang di sini