===========>>> SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH <<<===========

Distanbun Selenggarakan Bimtek Manajemen Kelembagaan Penyuluh Pertanian

Kategori : Kegiatan Dinas Kamis, 02 Mei 2019 - Oleh admin01

 

Banda Aceh | Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh melalui Bidang Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Perkebunan menyelenggarakan Bimtek Manajemen Kelembagaa Penyuluh Pertanian di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh mulai tanggal 22 s.d 24 April 2019.

Bimtek di ikuti oleh 273 orang peserta dari 23 Kabupaten Kota, serta Penyuluh Fungsional berjumlah 27 orang. 

Tujuan tujuan Bimtek ini diantaranya adalah:

- Menyamakan persepsi akan kelembagaan penyuluhan

- Meningkatkan motivasi para koordinator BPP  untuk memahami kepemimpinan.

- Meningkatkan peran BPP dan Penyuluh dalam pembinaan petani.

 

 

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh A. Hanan, SP, MM. Dalam sambutannya, Kadistanbun Aceh pada forum ini menyampaikan penghargaan kepada para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan tenaga teknis lainnya di seluruh Aceh yang merupakan garda terdepan atas perjuangan dan dukungannya sehingga pembangunan sektor pertanian di Aceh dapat berkembang dan khusus untuk padi kita menjadi salah satu daerah lumbung pangan nasional.

Untuk pengawalan dan pendampingan suksesnya pembangunan sektor pertanian membutuhkan penyuluh pertanian dan saat ini penyuluh di Aceh berjumlah 2.704 orang yang terdiri atas penyuluh PNS dan THL-TBPP. Jumlah desa di Aceh berjumlah 6.513 desa dan rata-rata setiap penyuluh membina 2 s.d. 3 desa.

Sejak melebur antara Penyuluh Pertanian dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan pada tahun 2017 (sebelumnya dibawah Dinas Pangan) ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi dan semangat diantaranya dengan adanya pengadaan atribut penyuluh (rompi, ransel, topi, sepatu boot dan mantel hujan), fasilitasi bantuan demplot untuk penyuluh swadaya sebanyak 608 orang, bantuan demfarm di lokasi sentra pertanian, pengadaan speaker portable wireless dan pH meter untuk setiap BPP, kegiatan diklat penyuluh dan petani serta yang paling berkesan adalah ajang silaturahmi dan koordinasi yang melibatkan seluruh penyuluh Aceh yaitu Jambore Penyuluh ke-2 tahun 2018 di Meulaboh.

Di tingkat nasional penyuluh juga sudah mendapatkan apresiasi yaitu dengan diangkatnya penyuluh THL Aceh sebanyak 670 orang menjadi PNS pada Mei 2017, adanya pengadaan ASN PPPK pada 2019 yang diikuti oleh 972 penyuluh pertanian Aceh dan saat ini masih tahap proses validasi data.

Diakhir sambutannya Kadistanbun mengharapkan peran penyuluh sangat strategis di semua lini yang menjadi program prioritas Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh. Mohon dikawal dengan baik sehingga pertanian Aceh dapat menjadi pondasi utama bagi perekonomian masyarakat.

 

Kadistanbun A. Hanan duduk bersama yang mewakili Kepala BPSDM Kementan yaitu Ir. Sumantri.

 

 

 

Semoga seluruh ilmu yang diberikan selama Bimtek tersebut dapat diserap dengan baik oleh peserta. [◦ˆ⌣ˆ◦]

 

Sumber : Bidang Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Perkebunan