===========>>> SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH <<<===========

Pertemuan Mitra BPDPKS PSR Aceh Berlangsung Lancar

Kategori : Kegiatan Dinas Kamis, 02 Mei 2019 - Oleh admin01

 

Banda Aceh | Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh bekerjasama dengan BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) Jakarta melaksanakan kegiatan Temu Mitra Program Peremajaan Sawit Rakyat di Hotel Hermes Banda Aceh Tanggal 30 April 2019 kemarin.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan berbagi informasi antara Koperasi atau Gapoktan (Kelompok Tani) penerima dana Peremajaan (replanting) sawit dengan para narasumber.

Demikian disampaikan Akhmad Nurdin dari BPDPKS didampingi Azanuddin Kurnia, SP, MP selaku Koordinator Bidang Peremajaan yang juga sebagai Kabid Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan Distanbun Aceh.

Tim BPDPKS yang dipimpin oleh Akhmad Nurdin memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan Kemitraan bagi penerima dana dari BPDPKS.

“Kita mengundang semua koperasi yang sudah dan akan menerima dana terutama yang sudah keluar Rekomendasi Teknis Dirjenbun dan datanya semua sudah ada di BPDPKS,” katanya.

Azan menambahkan bahwa pihak BPDPKS mengundang beberapa narasumber diantaranya Kadistanbun Aceh A. Hanan, SP, MM, perwaikilan dari FEB Universitas Indonesia, Fakultas Pertanian Unsyiah, Perwakilan Bank Indonesia Aceh, PPKS Medan, dari BPDPK sendiri dan beberapa narasumber lainnya. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 s.d. 22.30 WIB.

“Salah satu narasumber A. Hanan yang juga Kadistanbun Aceh dalam pemaparannya menyatakan bahwa semua Koperasi/Gapoktan/Kelompok Tani yang mendapatkan atau akan mendapatkan bantuan hibah ini diharapkan dapat membangun kemitraan dengan berbagai pihak,” lanjutnya.

Selanjutnya, Kemitraan tersebut dapat berupa sarana Produksi, peningkatan Produksi, pengolahan dan pemasaran, diversifikasi produk, dalam hal pembersihan lahan, penyedian bibit siap tanam, bahkan sampai keberlanjutan tanaman sawit bisa sampai panen.

“Kami berharap semua pihak bisa ikut membantu dan mendorong agar program PSR ini bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan produsi, produktivitas, dan pendapatan masyarakat,” paparnya.

Terakhir ia menyebutkan kegiatan ini diikuti sekitar 16 Koperasi, Gapoktan atau Kelompok Tani dan juga perwakilan Kadis yang membidangi perkebunan dari Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Utara, dan Aceh Tamiang.  [◦ˆ⌣ˆ◦]


Artikel ini telah tayang di sini